Mempersiapkan dan Menjaga Kehamilan yang sehat

Bagi seorang istri yang ingin hamil ada beberapa hal yang perlu disiapkan agar mendapatkan kehamilan dan bayi yang sehat. Salah satu diantaranya adalah asupan gizi yang cukup. Beberapa bulan sebelum masa kehamilan seorang ibu dianjurkan untuk memakan makanan yang banyak mengandung asam folat. Apa itu asam folat?

Asam folat merupakan zat gizi esensial dan salah satu dari beberapa jenis vitamin B. Asupan asam folat itu berasal dari makanan dan sayuran berwarna hijau serta buah-buahan. Asam folat ini memiliki dua efek fisiologis utama, yaitu sebagai kofaktor enzim sintesis deoxyribonucleic acid (DNA) dan ribonucleic acid (RNA) yang berperan dalam replikasi sel serta dibutuhkan untuk mengubah homosistein menjadi metionin.

Asam folat banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau dan buah berwarna jingga dan merah seperti semangka, jeruk, pisang, kiwi, nanas, alpukat, asparagus dan brokoli. Atau bisa juga minum suplemen atau susu yang banyak mengandung asam folat.

Asupan gizi ini sangat diperlukan pra kehamilan dan di masa-masa kehamilan. Kecukupan asam folat pada minggu-minggu pertama hingga ke-empat kehamilan memainkan peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan janin. Kekurangan asam folat pada masa itu dapat menyebabkan cacat lahir pada otak dan syaraf tulang belakang bayi atau Neural Tube Defects (NTD).

Tentunya tidak hanya makanan yang mengandung asam folat saja yang diperlukan, makanan yang mengandung calcium untuk pertumbuhan tulang dan gigi, ikan laut yang membantu mengoptimalkan pertumbuhan otak, zat besi untuk mencegah anemia dan makanan yang cukup kadar vitamin dan mineralnya melebihi konsumsi ibu yang tidak hamil juga seharusnya diupayakan untuk dikonsumsi terus. 

Selain memperhatikan pola makanan, kiranya perlu juga menjaga perasaan ibu hamil agar selalu bahagia. Ibu hamil harus diupayakan untuk tidak mengalami stress dan kelelahan karena 2 hal ini bisa mengakibatkan adanya abortus atau keguguran.  Pemeriksaan kehamilan yang teratur juga memiliki peran yang besar untuk menjaga kehamilan yang sehat.

3 Comments Add yours

  1. Mita Riwiyastuti mengatakan:

    beraaattt, no coment…

  2. yumi mengatakan:

    terima kasih, info awal soal asam folat.. begitu pentingnnya asam folat..

  3. wawan mengatakan:

    nanas termasuk juga ya….. tapi kok di daerah saya, orang tua bilang kalo hamil jangan makan nanas bisa keguguran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s